Rabu, 10 November 2010

JUALAN BUAH SEGAR


Sebagai keluarga muda yang baru beberapa bulan menikah...seneng buanget waktu dihadiahi lemari es oleh suami....walaupun lemari esnya mungil dan hanya satu pintu...lumayan lah untuk keluarga kecil dengan rumah minimalis seperti kami.....

Tetapi lama kelamaan...lemari es cantik itu sering dicuekin dan jaraaang banget diisi ..kalaupun isi ya hanya air melulu...maklum sebagai keluarga kecil yang sedang giat-giatnya mengupayakan kesejahteraan, kami berada di rumah hanya pagi dan sore/malam hari saja. Pernah kuisi banyak2 dengan bahan sayuran dan makanan....karena sibuk maka sayuran itu menjadi busuk, sayalupa kalau punya stok bahan makanan di lemari es...ya dibuang deh hehehehe. untuk kebutuhan makan kami sehari-hari,saya hanya masak nasi dan lebih ngirit kalau beli lauk atau sayur diluar karena cuma berdua dengan suami....

lama2 jadi terpikir untuk memberdayakan si lemari es ini....
sayang kan dulu waktu beli harganya hampir setara gajiku sebulan (hihihi...), masak sekarang cuma diisi air hehehehe.....

kebetulan suami mempunyai toko kelontong...maka dengan pertimbangan "ogi" alias ogah rugi.dan sedikit kenekatan kupindah si lemari es ini ke toko dan mulai diberdayakan untuk jualan Buah segar/buah potong........

nggak muluk-muluk yang penting balik modal aja.....
kucoba dengan buah pelepas dahaga...seperti semangka, melon,nanas,pepaya..pokoknya kutiru saja isi gerobak si abang penjual rujak...optimis deh mereka aja bisa kenapa saya nggak......

ternyata sodara2... untuk memotong dengan menyesuaikan harga jual gak semudah mengupas kulitnya hehehehe......selain itu perlu dipertimbangkan pemilihan buah yang tepat....
berikut beberapa tips n trik untuk buah potong....

PEPAYA
beli pepaya yang jenis buahnya lonjong dan panjang, daging buahnya agak kemerahan. Pilih pepaya yang tidak terlalu matang,jadi kulit buahnya masih hijau dengan semburat kekuningan..kalau kulitnya sudah kuning semua..ketika dikupas buah akan menjadi benyek dan gampang busuk..semakin besar dan panjang ukuran pepaya , akan semakin banyak keuntungannya karena lebih mudah dalam mengupas dan hasilnya lebih banyak...

cara memotong :
1. bersihkan pepaya dan kupas kulit buahnya
2. potong pepaya melintang/horisontal menjadi 2 bagian atas dan bawah.
3. Ambil salah satu bagian, potong membujur/vertikal menjadi 2 bagian sama besar
4. kemudian masing-masing bagian, potong lagi menjadi 2 bagian sama besar.
5. terakhir potong masing-masing bagian menjadi 2 lagi sama besar sehingga untuk setengah bagian pepaya akan dihasilkan 8 potong pepaya

lakukan juga untuk setengah bagian pepaya lainnya sehingga total akan diperoleh 16 potong dari 1 buah pepaya.ini untuk ukuran pepaya yang sedang.kemudian kemas dalam plastik ukuran 1/2 kg gula pasir, ikat erat,usahakan udara yang masuk sedikit mungkin.
untuk 1 buah pepaya harga berkisar antara Rp.3000,- sampai Rp. 4000,- tergantung musim, harga jual untuk 1 potong pepaya Rp 500,-.jadi untuk 16 potong maka kita dapat penghasilan kotor Rp. 8.000,-.sehingga keuntungan yang di dapat kurang lebih Rp 4000,-untuk 1 hari kalau dalam 1 minggu berarti 4000 x 7 = Rp 28.000,- kalau sebulan 28.000 x 4= Rp 112.000.....wahhh..lumayan


SEMANGKA
semangka ini juga mempunyai tingkat kesulitan pada saat pemotongan dan pemilihan buah,manis atau tidaknya buah tergantung cara kita memilih.....sebaiknya beli semangka yang tanpa biji dan warnanya merah membara(ini harus supaya pembeli tidak sabar untuk mencicipi )..untuk masalah pemilihan ini,saran saya : tanyakan pada penjualnya ditambah dengan sedikit ancaman..."kalau tidak manis,besok tidak beli lagi" hehehehe..kezam nian....
memotong semangka ternyata tingkat kesulitannya cukup tinggi...untungnya mbak sri (pembantu ibu mertua )pernah jualan rujak...siippp deh,kalo begitu berguru dulu pada beliau...

pelajaran memotong semangka ala mbak sri :

1. pisau pemotong harus besarrr dan tajam...hiii ngeri
2. tidak boleh dikupas kulitnya...nah lo...
3. jadi cara mencucinya: dimasukkan ke ember besar penuh air dan disikat sampai mengkilat....
4. potong sedikit ujung semangka supaya semangka bisa "duduk"
5. potong menjadi 2 sama besar.sekali mengiris tidak boleh diulang/ragu-ragu karena permukaan bisa menjadi tidak rata ..oh jadi ini alasannya kenapa pisau harus besar
dan tajam.
6. setelah menjadi dua ,ambil bagian pertama,dan ditengkurapkan sehingga permukaan yang besar berada di bawah.
7. lalu bagi 2 sama besar secara vertikal, kemudian bagi lagi menjadi 2 bagian.
8. bagi buah semangka menjadi 4 bagian dengan poros di tengah.

dengan cara ini maka akan diperoleh buah semangka yang rapi,dengan ujung yang sama.pesan mbak sri: memotongnya harus sekali jadi....wah tantangan nih hehehehe
setelah setiap hari berkutat dengan semangka maka saya menjadi mahir memotong dan bersahabat dengan pisau super besar....makasih mbak sri....

dari setengah buah semangka diperoleh 16 potong buah semangka kalau 1 buah berarti menjadi 32 potong,sama dengan pepaya buah ini langsung dikemas.dengan harga jual Rp 500,- maka diperoleh hasil penjualan Rp 16.000,-.harga 1 kg semangka 2.300 - 3000 tergantung musim, setiap 1 buah semangka rata2 beratnya 2 - 3 kg tergantung besarnya berarti harga 1 buah semangka sekitar 7.500.berarti kita mendapat keuntungan kotor 8.500/1 hari kalau seminggu berarti 8.500 x 7 = 59.500 dalam 1 bulan 59.500 x 4 = 238.000 ....cukup menggiurkan

setelah berjalan ternyata buah semangka ini menjadi favorit konsumen dibandingkan buah yang lain...hmmmm..untungnya semanis rasanya....

MELON
tingkat kesulitan buah ini sama dengan buah2 diatas. tetapi ada sedikit perbedaan dalam pemotongannya yaitu buah dikupas dahulu kemudian langsung di potong secara vertikal sehingga diperoleh hasil yang panjang membujur....

satu buah melon menghasilkan 16 potong buah dengan harga @ 500,- jadi diperoleh pemasukan 8000,- harga beli 1 buah melon sekitar 3000 - 4000 sehingga keuntungan yang diperoleh 4000,-sama seperti pepaya dalam sebulan keuntungan kotor yang diperoleh 112.000,-


jadi untuk penjualan ke 3 buah tersebut dalam satu bulan saya memperoleh penghasilan 112.000 +238.000 + 112.000 = 462.000,-

dan dalam 3 bulan, modal untuk membeli lemari es sudah kembali...hehehehe....bagaimana, tertarik untuk berjualan buah segar???

5 komentar:

  1. Hahahaha... Bagus 3X..

    Artikelnya lucu mbak,,

    BalasHapus
  2. Hehehe....salam kenal...terimakasih sudah berkunjung.....

    BalasHapus
  3. wah, artikelny berguna bnget lhow mba.. oiy, klo mw tmbah jualan nangka jg gmana?? kira" menguntungkan gk y?? thx.. ^^

    BalasHapus
  4. inspiratif...trims u share nya

    BalasHapus
  5. Good info..berguna bangat..

    BalasHapus