Rabu, 10 November 2010

Jualan Cemilan.....


Entah kenapa aku selalu tertarik dengan.....pasar...ya pasar...menurutku...pasar itu ajaib..luar biasa dan mempesona hehehehe...

ajaib karena bisa menyatukan semua kalangan dari tua muda....miskin-kaya..perempuan-laki-laki...luar biasa karena hampir semua bentuk kehidupan dan interaksi kehidupan ada disana....satu lagi mempesona karena pasar bagaikan magnet yang menyedot perhatian orang untuk datang kesana...meskipun keberadaannya tergusur mall dan supermarket, becek dan bau tp tetep aja banyak orang yang datang ke pasar....

seperti ritual harianku dipagi hari..jalan2 trus mampir pasar....sekedar menyegarkan mata melihat sayur-mayur yang hijau dan melimpah atau beli jajan pasar warna-warni untuk teman minum teh di pagi hari....

dan belum ke pasar namanya kalo gak keliling muter pasar..deuh....

Pagi ini ada satu kios yang menyedot perhatianku....
kios snack kiloan yang dikerubuti pembeli...bermacam-macam jenis cemilan adaaa smua..la jelaslah namanya juga kios cemilan......


tanpa pikir panjang aku ikut ngantri dan pulang dengan bermacam-macam cemilan...aku coba kripik singkong, makaroni pedas dan stik keju... Rasanya enak..gurih dan renyah,gak kalah dengan snack mahal dengan kemasan wah yang dibeli di toko kue terkenal..dan yang paling penting harganya muuurraahh..........

Terbersit ide dipikiranku..kenapa tidak mencoba untuk menjual snack...
tentunya gak asal dong...maka mulailah aku menyusun untung rugi berjualan snack kiloan...

NGGAK REPOT
karena tinggal beli trus dibungkusin sendiri..repotnya paling-paling harus sering- sering ke pasar dan memilih serta memperhitungkan snack apa yang kira2 disukai banyak orang.

BISA DIKERJAKAN SAMBIL MENGISI WAKTU LUANG
jadi sudah pasti tidak mengganggu pekerjaan utama saya.

MODAL SEDIKIT
dengan uang 50 ribu bisa dapet 5 sampai 7 macam jenis snack..hehehehe
dengan usaha ini paling-paling saya hanya memerlukan plastik kemasan, timbangan dan sealer,kalau tidak punya sealer bisa pakai lilin untuk merekatkan plastik.

SETIAP ORANG MEMBUTUHKAN CEMILAN
bukan rahasia lagi kalau cemilan sudah naik derajat menjadi makanan wajib....untuk temen santai...temen nonton...suguhan tamu...mengganjal perut laper...oleh-oleh...dan lain-lain..ya kan...

kerugiannya....

NGGAK LAKU/SISA
ya udah dimakan sendiri aja...masukin toples dan jadi pengisi ruang tamu deh hehehehe....

UNTUNGNYA SEDIKIT
ya gak papa lah namanya juga cuma sampingan....sedikit-sedikit lama2 jadi gunung...
tapi setelah usaha dijalankan..ternyata kerugian ini gak berlaku deh ..asalkan suka,rasanya enak dan renyah orang nggak memperhitungkan harga kok...percaya deh...

nah berbekal pemikiran diatas mulailah saya BERJUALAN CEMILAN....

sasaran pertama tentu saja toko2 deket rumah....

masih ingat betul waktu itu dengan modal Rp.50.000,- saya mulai berjualan.Langkah pertama saya titip 10 bungkus keripik singkong original yang gurih asin, 10 bungkus makaroni pedes dan 5 bungkus stik keju.....
termasuk nekat juga sih baru pertama udah nitip 25 bungkus....tapi yakin aja karena saya udah coba dan rasanya enak selain itu lokasi toko dekat dengan anak kost....tak disangka 5 hari kemudian ibu pemilik toko minta di setorin kripik singkong lagi....Waaaa...berhasiiillll

keberhasilan ini memacu saya untuk lebih berani nitip snack di toko-toko lain...sasaran gak jauh-jauh....sambil berangkat kerja ..saya mencari target sasaran ..ya sepanjang perjalanan ke kantor aja supaya mudah penitipan dan pengambilannya...
setiap minggu saya punya target menambah 2 toko...sambil menyiapkan manajemennya...cieeee

ya semakin banyak Toko yang menjadi agen tentu memerlukan
1.pembukuan yang rapi dan teratur
2.Modal yang semakin banyak
3.pengaturan keluar masuk barang
4.tenaga dan pemikiran yang serius

untuk itu saya hanya membatasi hanya 10 toko yang menjadi agen penjualan, dan 5 jenis snack saja yang saya yakin betul disukai oleh konsumen..karena banyak jenisnya tetapi banyak sisanya juga akan menimbulkan kerugian bukan...

setelah dihitung-hitung keuntungan berjualan snack ini lumayan lo,..
sebagai gambaran...
keripik singkong original harga perkilonya Rp. 12.000,-
dikemas dalam plastik dengan ketebalan 3 ml sebayak 10 bungkus @Rp 2200. totalnya Rp 22.000,- jadi keuntungan kotornya Rp. 10.000,-/10 bungkus untuk 1 toko
. kalau ada 10 toko ya berarti Rp.100.000 untuk 1 minggu...padahal ada 5 item snack jadi dalam 1 minggu keuntungan kotornya hampir RP. 500.000,- kalau satu bulan bisa 2 juta donk.....waaa lumayan kan

Usaha ini sebetulnya menjanjikan dan bisa menjadi pekerjaan utama,tetapi karena buat saya ini hanya sebagai sampingan maka saya cukup puas dengan pendapatan ini....
dan berusaha mempertahankan dengan meningkatkan mutu dan pelayanan.....

jangan lupa di dalam usaha naik turun penjualan itu biasa selain itu kita juga harus siap dengan persaingan...

untuk teman-teman ...mudah2han cerita saya ini bisa menjadi inspirasi untuk menciptakan usaha.....

9 komentar:

  1. punya usaha makanan, alat vacuum ini sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. sudah ada Re - Seller Garut ?

    BalasHapus
  3. Saya Produsen Makaroni Goreng yg Tekstur NGEMBANG....RASA : ORIGINAL & BALADO...Product Saya sdh tersebar di wil Tangerang sampai Jakarta bagi yg ingin BERMITRA boleh Hub Saya
    di No tlp 0838-0412-3008(WA) Saya Stay di Tangerang dan Jakarta Barat.
    3 Langkah Mudah BERMITRA

    Hubungi-Ketemuan-Mitra

    BalasHapus
  4. Saya Produsen Makaroni Goreng yg Tekstur NGEMBANG....RASA : ORIGINAL & BALADO...Product Saya sdh tersebar di wil Tangerang sampai Jakarta bagi yg ingin BERMITRA boleh Hub Saya
    di No tlp 0838-0412-3008(WA) Saya Stay di Tangerang dan Jakarta Barat.
    3 Langkah Mudah BERMITRA

    Hubungi-Ketemuan-Mitra

    BalasHapus
  5. Saya ada produk kacang srange atau kacang kulit goreng pasir
    rasa sari kacang yang manis dan gurih tanpa pengawet...bisa tahan 4 bulan
    bagi yang ingin menjadi agen atau mitra hubungi no/WA 082322966654 semarang

    BalasHapus
  6. Boleh tanya Bun.. ukuran plastiknya brp x brp..

    BalasHapus
  7. Saya punya cemilan khas Madura, tapi biasa saya jual mentahnya. Pingin saya goreng lalu saya bungkus dengan kemasan yg unik dan menarik. Mohon sharingnya, kira-kira kemasan yg cantik dan ketebalan plastik berapa ya? Awam banget masih. Terima kasih.

    BalasHapus